Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI Ke-77 Serta Rangkaian Kegiatan yang Dilaksanakan Pengadilan Negeri Meureudu

Meureudu ( Humas/IT) | Pengadilan Negeri Meureudu Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang Ke-77 bertempat di teras gedung Pengadilan Negeri Meureudu. Seluruh Aparatur PN Meureudu mengikuti Upacara HUT Mahkamah Agung Republik Indonesia yg ke-77, adapun yang yang bertindak Sebagai Pembina Upacara ialah Ketua Pengadilan Negeri Meureudu Bapak Dedy, S.H yg di ikuti oleh Para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta Staf, PPNPN dan juga Turut dihadiri Oleh Ketua Dharmayukti Karini Cabang Meureudu yang di dampingi beberapa anggota DYK Cabang Meureudu.

Dalam Amanat Ketua PN Meureudu membaca Amanat dari Ketua Mahkamah Agung RI. Kemudian dilanjutkan membaca Visi Misi Mahkamah Agung RI dan Upacara di tutup dengan Doa bersama. Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang Ke-77 dengan Tema “BANGKIT BERSAMA TEGAKKAN KEADILAN”

Setelah melaksakan upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun Mahakamah Agung RI ke-77, PN Meureudu melaksanakan Ramah Tamah Keluarga Besar PN Meureudu yang ditandai dengan pemotongan tumpeng, di ruang sidang Pengadilan Negeri Meureudu dan diikuti oleh seluruh personil dan warga PN Meureudu. Acara diawali dengan doa bersama kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua panitia pelaksana Kegiatan yaitu Hakim pada PN Meureudu Bapak Angga Afriansha. AR, S.H., M.H.  dalam rangka HUT Kemerdekaan Indonesia dan HUT Mahkamah Agung RI KE-77 TAHUN 2022, dan dilanjutkan  oleh Ketua PN Meureudu, Bapak Dedy, S.H. Acara Syukuran HUT Mahkamah Agung RI ke-77 Tahun 2022 ditutup dengan kegiatan pemotongan Tumpeng dan diserahkan kepada Ketua dan Wakil Ketua, Sekretaris, Panitera, Pegawai tertua dan yang termuda, PPNPN tertua dan termuda, serta diakhiri dengan foto dan makan bersama.

Pengadilan Negeri Meureudu juga mengikuti rangkaian Kegiatan Peringatan HUT Mahkamah Agung RI Ke-77 Tahun 2022 secara Virtual oleh Mahkamah Agung RI yang diselenggarakan di Jakarta. Mahkamah Agung RI Ke-77 Tahun 2022 meluncurkan Aplikasi e-Prima (Electronic Procurement Implementation Management and Accountability) Aplikasi e-Prima membantu Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) dalam mengelola pelaksanaan pengadaan barang dan jasa secara jelas terstruktur dan berbasis kinerja. Empat fitur utama e-Prima adalah Rencana Umum Pengadaan (RUP), pembentukan pokja pemilihan, monitoring pengendalian kontrak, serta clearing house yakni forum untuk menyelesaikan permasalahan antar satuan kerja, kuasa pengguna anggaran, pejabat pembuat komitmen, serta pihak ketiga, dan sarana kepada masyarakat untuk menyampaikan pengaduan terhadap pelaksanaan pengadaan barang dan jasa yang tidak sesuai peraturan berlaku.

Sementara aplikasi e-Berpadu merupakan sistem layanan administrasi prapersidangan elektronik yang memiliki enam fitur layanan, yakni pelimpahan berkas perkara, izin atau persetujuan penggeledahan, izin atau persetujuan penyitaan, perpanjangan penahanan ke pengadilan, izin besuk tahanan, serta permohonan pinjam pakai barang bukti.