Hakim Pengadilan Negeri Meureudu Menghadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Pidie Jaya (Humas/IT) | Dalam rangka penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022, Hakim Pengadilan Negeri Meureudu Bapak Arya Mulatua S.H. menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Pidie jaya dengan Tema Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2022 adalah “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Seputar Sejarah Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022Sejarah Hari Kesaktian Pancasila berhubungan erat dengan peristiwa G30S/PKI. Hari Kesaktian Pancasila juga dimaknai sebagai hari perkabungan nasional akan tragedi penculikan dan pembunuhan dalam Gerakan 30 September 1965 oleh PKI. Tragedi tersebut menyebabkan petinggi-petinggi TNI AD gugur dan korban tewas lainnya. Dilansir situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), ahli sejarah Asvi Warman Adam menjelaskan tentang sejarah peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Disebutkan peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober diselenggarakan dengan upacara dan pengibaran bendera merah putih yakni upacara Hari Kesaktian Pancasila 2022. Penetapan peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober telah diatur dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tertanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966). Menurut surat tersebut awalnya tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila harus diperingati oleh TNI Angkatan Darat.Pada 24 September 1966, Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian memberikan usul agar Hari Kesaktian Pancasila diperingati seluruh jajaran Angkatan Bersenjata.

Selanjutnya, dalam Keputusan Nomor (Kep/B/134/1966) tanggal 29 September 1966, Jenderal Soeharto selaku Menteri menerbitkan Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan agar hari itu diperingati seluruh slag orde Angkatan Bersenjata. Dengan surat tersebut, upacara Hari Kesaktian Pancasila 2022 peringatan 1 Oktober diperingati oleh seluruh komponen pemerintahan.

Dokumentasi