Sosialisasi Core Values ASN BerAKHLAK

BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Adanya Core Values ASN ini sebagai sari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN.

Sedangkan #banggamelayanibangsa merupakan Employer Branding ASN jaman now yang melayani sepenuh hati.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PN Meureudu Bapak Samsul Maidi, S.H., M.H. membuka acara sosialisasi dengan memberikan sambutan terkait pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini guna dicermati dan dipahami sebagai inti dari jiwa seorang ASN dilanjutkan dengan memaparkan materi sosialisasi mengenai latar belakang dari adanya core values dan employer branding ASN, dimana penguatan pada budaya kerja yang dioptimalisasikan guna mempercepat proses transformasi pengelolaan ASN demi terwujudnya pemerintahan berkelas dunia (World Class Government) yang semakin terpacu dengan pesatnya perkembangan teknologi sehingga diharapkan ASN dapat tetap menjiwai nilai dasar dan kode perilaku dari seorang ASN.

 Dalam paparannya disampaikan pula mengenai pedoman perilaku dari masing-masing core value. Selain itu, untuk branding dari seorang ASN sesuai dengan SE Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2021 yakni Bangga Melayani Bangsa yang merupakan sebuah gambaran untuk ASN agar ASN selalu memberikan pelayanan yang terbaik dalam melayani masyarakat. Kemudian KPN juga menyampaikan Kedepan selain internalisasi ini dapat disosialisasikan secara masif ke masyarakat mengenai core value dari ASN saat ini.

Core Values ASN menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo “ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama.”

Panduan Perilaku Core Values ASN BerAKHLAK sebagai berikut:

  1. Berorientasi Pelayanan

Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan.

Melakukan perbaikan tiada henti.

  • Akuntabel

Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi.

Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien.

Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

  • Kompeten

Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.

Membantu orang lain belajar.

Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

  • Harmonis

Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.

Suka menolong orang lain. Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

  • Loyal

Memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah. Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

  • Adaptif

Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan.

Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas. Bertindak proaktif.

  • Kolaboratif

Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.

Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.

Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama. ASN harus mempunyai orientasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.